Ngaji.web.id – Imam Syafi’i menggunakan lafadz (الفرض) di dalam makna lafadz (wajib yang harus di kerjakan) tidak ada perbedaan diantara keduanya. Sebagaimana Imam Syafi’i juga menggunakan (الكرهة) tidak disukai untuk mengerjakannya. Sebagaiman di riwayatkan bahwasanya Rasulullah besabda:”bumi adalah masjid (tempat sujud) kecuali kuburan dan kamar mandi”, Imam Syafii memberikan sebab karena kuburan dan kamar mandi tidak suci.

Sebagaimana juga Imam Syafi’i juga menggunakan lafadz (أحب) yaitu disukai mengerjakan dan tidak mengerjakannya karena tidak fardhu’ (wajib). Seperti diriwayatkan dari Arrabi’ “ saya bertanya kepada Imam Syafi’i : apakah kamu membaca Al-fatihah secara sir (pelan) pada raka’at terakhir, maka Imam Syafi’I berkata saya lebih senang seperti itu karena hal itu tidak  diwajibkan.

Dan begitu juga makna (أكره) terkadang Imam Syafi’I menggunakan (لم أحب) , dan juga menggunakan istilah (لا بأس) dengan makna memperbolehkan dengan tidak كراهة dan استحباب  , sebagaimana juga iama Syafi’I menggunakan kalimat (جائز ) dengan makna trersendiri, yaitu boleh tidak makruh dan juga mustahab. Dan juga menggunakan istilah (لاخير فيه) dalam makna haram.

Dalil-dalil Fiqhiyah dalam Madzhab Syafi’i

Ada empat dasar fiqhiyah yang dijadikan sandaran oleh Imam Syafi’I :

  1. Al-qur’an
  2. Sunna nabawiyah
  3. Ijma’
  4. Qiyas

Madzhab ini (Syafi’i) banyak menyebar di Hijaz, Iraq, Mesir, Syam dan yang lainnya.

Istilah-istilah Dengan Tanda-tanda

Ada beberapa istilah dalam madzhab Fuqoha’ yaitu :

  1. (الإمام) yang dimaksud disini adalah Imam Haromain Al-Juwainy, Abdul Malik bin Abdullah bin Yusuf, wafat pada tahun 478 H
  2. (القاضي) yaitu Husain Abu Ali Muhamad bin Ahmad Al-Maruzy, wafat pada tahun 462 H.
  3. (القاضيان) yang dimaksud disini ada dua orang yaitu :
  4. Ali bin Muhammad bin Habib Al-mawardy, wafat pada tahun 450 H
  5. Abdul Wahid bin Ismail bin Ahmad Ar-Ruyani, wafat pada tahun 501 H
  6. (الشيخان) yaitu :
  7. Abdul Karim Muhammad bin Abdul Karim Ar-rofi’, Abu Qosim Al-quzuwainy, wafat pada tahun 634 H
  8. Yahya bin Syarf Abu Zakaria An-Nawawy, wafat pada tahun 677 H
  9. (الشيوخ) yaitu An-nawawy, Ar-rifi’I, dan Taqiyuddin.
  10. (الشارح) jika yang disebutkan (الشارح المحقق) maka dia adalah Jalaluddin Al-Mahaly Muhamad bin Ahmad bin Ibrahim, wafat apada tahun 864 H. akan tetapi di dalam  (شرح الإرشاد) [1] jika disebutkan (الشارح) maka yang dimaksud adalah Muhammad bin Abdul Mun’im Al-Qohiry Syamsuddin, wafat apda tahun 889 H
  11. (شارح) jika istilah ini disebutkan maka yang dimaksud hannya satu orang yaitu (الشهبة) ?
  12. (شيخنا, أو الشيخ, أو شيخ الإسلام) maka yang dimaksud adalah Zakaria bin Muhammad bin Ahmad Al-Anshory wafat pada tahun 926 H
  13. (شيخي) jika Khotib As-syarbini mengucapkan istilah ini maka yang dimaksud disini adalah Asy-syihab  Ahmad bin Ahmad Ar-Romly, wafat pada tahun 971 H
  14. Jika Syaikh Asy-Syirozi menyebutkan Abu Abbas dalam kitab (المهذب) maka yang dimaksud disini adalah Ahmad bin Syuroij, wafat pada tahun 306 H
  15. Jika dalam kitab (المهذب) Abu Ishaq maka dia adalah Al-Muruzy Ibrohim bin Ahmad muridnya Ibnu Syuroj, wafat pada tahun 340 H
  16. Jika dalam kitab (المهذب) Abu Sa’id maka dia adalah Al-Ishthohkry Abu Sa’id Al-Hasan bin Ahmad, dia dan Ibnu Syuroj adalah Syaikhnya Syafi’I, wafat pada tahun 328 H
  17. (ابو حامد) ada dua orang yang dimaksud di dalam kitab (المهذب) yaitu :
  18. Al-qhodhy Abu Hamid Al-Muruzy Ahmad bin Basyr bin ‘Amir, wafat pada tahun 362 H
  19. Syaikh  Abu Hamid Al-isfiroyainy  Ahmad bin Muhammad, wafat pada tahun 406 H
  20. (أبو القاسم) di dalam buku (المهذب) ada empat orang yang di maksud yaitu Al-Anmathy, Ad-Daraky, Ibnu Kaaj, As-Shoymiry.
  21. (أبو الطيب) dalam kitab (المهذب) ada dua orang dari Fuqoha’ Syafi’iyyah yaitu : Ibnu Salamah, dan Al-qhodhy Abu Thoyyib.
  22. Jika di sebutkan dalam kitab (المهذب) kata –الربيع- maka dia adalah Ar-Robi’ bin Sulaiman.
  23. Imam Nawawy berkata
  24. (المحمدون الأربعة) mereka adalah
  25. Muhammad bin Nashr Abu Abdullah Al-Muruzy wafat pada tahun 294 H
  26. Muhammad bin ibrohim bin Mundzir, wafat pada tahun 310 H
  27. Muhammad bin Jarir At-Thobary wafat pada tahun 310 H
  28. Muhammad bin ishaq bin Khuzaimah, wafat pada tahun 311 H
  29. (الأصحاب) yaitu mereka orang-orang terdahulu yang sezaman yang merka berjumlah 400 orang karena mereka berada pada kurun Khoiriyah (terbaik)
  30. (المتأخرون) merka yang hidup setelah abad ke empat, dikatakan juga mereka yang hidup setelah periode dua syaikh yaitu An-nawawy dan Ar-rafi’i.

Rumus-rumus Catatan Kecil

Para madzhab Syafi’i dan yang lainnya menggunakan rumus-rumus tertentu, diantara rumus-rumusnya sebagai berikut :

  1. (م – ر) maksud disini adalah Syaikh Muhammad bin Ahmad bin Hamzah Ar-romly pengarang (نهاية المحتاج), wafat pada tahun 1004 H
  2. (الشهاب م – ر) yang dimaksud adalah Syaikh Ahmad bin Hamzah Ar-Romly muridnya syaikh Zakaria Al-Anshory dan anak dari Muhammad Ar-Romly As-sabiq wafat pada tahun 971 H
  3. (خ – ط)

Kode ini menunjukkan kepada Syaikh Muhammad bin Ahmad As-syarbini yang dikenal dengan Al-Khotib Asy-Syarbini pengarang buku – مغني المحتاج- wafat pada tahun 977 H

  1. (حج)

Yang dimaksud disini adalah Al-Allamah Asy-Syihab Ahmad bin Muhammad bin Hajar Al-haitamy, pengarang bukun – تخفة المحتاج- wafat pada tahun 974 H

  1. (زي)

Yang dimaksud disini adalah Syaikh Ali bin Yahya Az-Ziyad , wafat pada tahun 1024 H

  1. (سم)

Yaitu Syaikh Al-Allamah Ahmad bin Qosim Al-Ibady , wafat pada tahun 994 H

  1. (طب)

Yaitu syaikh Muhammad Manshur Ath-Thiblawy wafat dan lahirnya di Qohiroh, wafatnya pada tahun 1014 H

  1. (ح – ل)

Yaitu Syaikh Ali bin Ibrohim Al-Halby pengarang – السيرة الحلية- wafat pada tahun 1044 H

  1. (س – ل)

Yaitu Syaikh Sulthon bin Ahmad Al-Mazahy wafat pada tahun 1075 H

  1. (ع – ش)

Yaitu Syaikh Ali bin Asy-Syaromilsy wafat pada tahun 1087 H

  1. (ب – ر)

Yang dimaksud disini adalah Syaikh Muhammad bin Abdul Dayim Al-Barmawy, wafat pada tahun 831 H

  1. (ع – ن)

Yaitu bSyaikh Muhammad bin Daud Al-Ghonany, wafat pada tahun 1098 H

  1. (أ – ط)

Yaitu Syaikh Al-athfihy.

  1. (ج)

Yaitu Syaikh Alwi bin Saqof Al-jafri, wafat pada tahun 1335 H

  1. (ي)

Yang dimaksud adalah Syaikh Abdullah bin Umar bin Yahya.

  1. (ك)

Yaitu Syaikh Myuhammad bin Sulaiman Al-kardy, wafat pada tahun 1194 H

  1. (ح – ض)

Yaitu Syaikh Hadr Asy-syaubiry.

  1. (م – د)

Syaikh Muhammad Al-madabaghi,

  1. (أ – ج)

Yang dimaksud adalah Syaikh Athiyah bin Athiyah Al-Ajhury, wafat pada tahun 1190 H

  1. (ح – ف) atau (حف)

Yaitu Syaikh Muhammad bin Salim bin Ahmad Al-hafnawy atau Al-hafany Syamsuddin, wafat pada tahun 1181 H

  1. (ب – ج)

Syaikh Sulaiman bin Muhammad Al-bajirmy , wafat pada tahun 221 H

  1. (با – ج)

Syaikh Ibrohim bin Muhammad Al-bajury Sytaikh Al-azhar, wafat pada tahun 1277 H

  1. (ش – ق)

Syaikh Abdullah bin Hajazy Asy-sayrowy wafat pada tahun 1228 H

  1. (حميد) atau (عبد)

yaitu Abdul Hamid bin Ad-daghostany.

  1. (ق – ل)

Yaitu Syaikh Ahmad bin Isa Al-qilyuby, weafat pada tahun 689 H

  1. (ش)

Yang dimaksud adalah Syaikh Muhammad bin Abu Bakar Al-asykhor Al-yamany yang wafat pada tahun 989 H

  1. (ب)

Yaitu Abdullah bin Husain dari peninggalan beliau adalah – شرح الجرومية- wafat pada tahun wafat pada abad ke 11.

Para Fuqoha’ dan Kitab-kitab Mereka Yang Masyhur

  1. (صاحب جمع الجوامع)

Dia adalah Abu Sahal Ahmad bin Muhammad Ad-Daury, dikenal dengan Ibnu ‘Afrois, buku dia adalah yang disebutkan diatas, dia mengumpulkan semua buku-buku syafi’I, dan Rafi’I menukil darinya bahwa beliau mendudukan bab Thoharoh sebagai bab pertama, wafat pada tahun 363 H

  1. (صاحب التقريب)

Dia adalah Al-Qosim bin Al-Qoffal Al-Kabir Asy-Syasyi, dia mengarang kitab (التقريت) syarah dari kitab yang mendekati dengan kitab karangan Ar-rofi’I, wafat pada tahun 405 H

  1. (صاحب المستدرك علي الصحيحين)

Dia adalah Abu Abdillah Muhammad bin Abdillah An-Nisabury yang dikenal dengan AL-Hakim, wafat pada tahun 405 H

  1. (صاحب التممة)

Dia adalah Abu Sa’id Abdurrahman bin Ma’mun Al-Mutawaly An-Nisabury, karyanya Adalah (التممة) ringkasan dari (الإبانة) oleh karena itu disebut dengan (تتمة الإبانة), wafat pada tahun 476 H

  1. (صاحب البحر)

Dia adalah Qodi  Al-qodho Abdul Wahid bin Ismail Ar-Ruyani, karangannya adalah (بحر المذهب) dan juga (حلية المؤمن), wafat pada tahun 502 H

  1. (صاحب الحلية)

Dia adalah Abu Bakar Muhammad bin Ahmad Asy-syasyi yang diberi gelar dengan Fakhrul islam, karangannya adalah (حلية العلماء في معرفة مذاهب الفقهاء), wafat pada tahun 505 H

  1. (صاحب الذخائر)

Dia adalah Al-qodi Baha’uddin Abul ma’aly Al-Majally bin Najaa Al-MakhzumiAl-usyuthi, karyanya (الذخائر في فقه الشافعي), beliau wafat pada tahun 549 H

  1. (صاحب البيان)

Dia adalah abu Husain yahya bin Abi husain Al-yamany, dia adalah syaikh Syafi’iyah yang berada di Yaman pengarang kitab (البيان), wafat pada tahun 558 H

  1. (صاحب التعجيز)

Dia adalah Taajuddin Abdurrohim bin Abdul Malik bin Imad bin Yunus , dia adalah imam ushul fiqh, karangannya adalah (التعجيز) ringkasan dari ktab (الوجيز في فروع الشافعية) , wafat pada tahun 669 H

  1. (صاحب التوسيح)

Dia adalah Taajuddin Abu Nashr Abdul Wahab bin Ali As-sabky, ktab karangannya adalah (توسيح التصحيح) dalam masalah ushul fiqh, beliau wafat pada tahun 771 H

  1. (صاحب العجالة)

Dia adalah Syaikh Sirojuddin Abul Hasan bin Al-Mulaqqon Al-mishry Umar bin Ali bin Ahmad, kitab karangannya adalah (عجالة المحتاج علي المنهاج), wafat pada tahun 804 H

  1. (صاحب الإرشاد)

Dia adalah Syaikh syarfuddin Mahmud bin Al-husain Al-Mishry, karyanya adalah (إرشاد المحتاج في شرح المنهاج), wafat pada tahun 976.

 

Judul Kitab Madzhab Syafi’i
المختصر : إسماعيل بن يحيى المزني (تلميذ الإمام الشافعي)
الشرح : الشرح الكبير على متن العزيز للإمام الرافعي
الإيضاح : للإمام النووي
الشروح : شروح المنهاج الطالبين للنووي
المنهاج : منهاج الطالبين للنووي
Laqob (Julukan) Ulama Madzhab Syafi’i
الإمام : ضياء الدين أبو المعالي إمام الحرمين عبد المالك بن محمد الجويني
الإمامان : إمام الحرمين والرازي
الشيخان : الرافعي والنووي
الشيوخ : الرافعي والنووي وتقي الدين بن علي بن عبد الكافي السبكي
الشيخ : أبو إسحاق إبراهيم بن علي الشيرازي
القاضي : أبو علي حسين بن محمد المروزي
السبكي : تقي الدين بن علي بن عبد الكافي السبكي, والد عبد الوهاب تاج الدين السبكي
العراقي : زين الدين عبد الرحيم بن الحسين العراقي
القفال الصغير أو المطلق : القاضي أبو بكر عبد الله بن محمد القفال الصغير المروزي
القفال الكبير : القاسم بن محمد بن علي القفال الكبير الشاشي
حجة الإسلام : محمد بن محمد بن محمد الغزالي
شيخ الإسلام : أبو يحيى زكريا الأنصاري
البلقيني : سراج الدين عمر بن رسلان البلقيني
الفيروزابادي : مجد الدين محمد بن يعقوب الفيروزابادي الشيرازي
Istilah yang Sering Digunakan
المتقدمون : من انتمى لأربع من المئين سنة
المتأخرون : من انتمى بعد أربع من المئين سنة
السلف : من كان لثلاثة القرون
الخلف : من كان بعد ثلاثة القرون
الأصحاب : المتقدمون أصحاب الوجوه الناقلون من الإمام الشافعي
المعتمد : الأظهر من القولين أو الأقوال
الأوجه : الأصح من الوجهين أو الوجوه

Ukuran, Timbangan dan Jarak

  1. 1 Qiroth syar’i:
    versi imam syafi’i,Ahmad bin hambal dan maliki:0,215 Gr.
    Versi Imam abu Hanifah:0,263 Gr.
  2. 1 Dirham syar’i:
    versi Imam syafi’i,Ahmad bin Hambal dan Maliki:2,715 Gr.
    Versi Imam Hanafi:3,770 Gr.
  3. 1Mitsqol:
    Versi imam syafi,i,Ahmad bin Hambal dan maliki:3,879 Gr.
    Versi Imam Abu Hanifah:5,388 Gr.
  4. 1Sho’ gandum (hinthoh)
    versi Imam Nawawi :1862,18 Gr.
  5. 1Mud gandum (Hinthoh)
    Versi Imam Nawawi :465,54 Gr.
  6. 1 Sho’ beras putih (ukuran zakat fitrah) : 2719,19 Gr.
  7. 1 Mud beras putih : 679,79 Gr.
  8. 1 Ritl Baghdad :
    Versi Imam Nawawi :349,16 Gr.
    Versi Imam Rofi’i :353,49 Gr.
    Versi Imam Maliki :347,55 Gr.
    Versi Imam Ahmad :349,16 Gr.
    Versi Imam Abu Hanifah :490,65 Gr.
  9. 1 Mud air tawar jernih : 786 Gr.
  10. 1 Mana : 896,48 Gr.
  11. 1 Daniq : 0,430 Gr.
  12. 1 Thosuh : 0,107 Gr.
  13. 1 Uqiyah Urfi : 41,376 Gr.
  14. 1 Qinthor : 49651,2 Gr.
  15. 1 Astar :
    Versi Imam Syafii,Ahmad bin Hambal dan Maliki :17,455 Gr.
    Versi Imam Hanafi : 26,46 Gr.
  16. 1 Mud dalam volume :
    Versi Imam Syafii,Hambali dan Maliki :0,766 Lt atau kubus berukuran +9,2 cm=0,766 Lt.
  17. 1 Sho’ dalam volume :
    Versi Imam Syafii,Hambali dan Maliki :3,145 Lt/kubus berukuran + 14,65 cm
  18. 1 Wasaq dalam volume :
    Versi Imam Syafii,Hambali dan Maliki :188,712 Lt/kubus berukuran +57,32 cm
  19. 1 Qofiz :33,52 (pxlt) = 37,736 cm
  20. 1 Dziro’ :
    • 1 Dziro’ Al Mu’tadil

    Versi mayoritas Ulama:48 cm
    Versi Imam Nawawi :44,720 cm
    Versi Imam Rofi’i :44,820 cm

    • 1 Dziro’ Al Hasyimi

    Versi Al Makmun =41,666625 cm

  21. 1 Jarib :53,24 cm (pxlxt)= 150,944 Lt 22.
    Air dua qulah:
    versi Imam Nawawi :174,580 Lt atau kubus berukuran +55,9 cm
    versi Imam Rofi’i : 174,245 Lt atau kubus berukuran +56,1 cm
    versi Ahli Iraq: 255,325 Lt atau kubus berukuran +63,4 cm
    versi mayoritas ulama:216,000 Lt atau kubus berukuran +60 cm
  22. Jarak Qoshor Sholat :
    versi Tanwirul Qulub :80,640 km
    versi Imam Makmun :89,999992 km
    versi Imam A.Husein Al Misri :94,5 km
    versi mayoritas Ulama : 119,99988 km
  23. 1 Mil Hasyimi :
    versi Imam Makmun :1,666665 km
    versi Imam A.Husein Al Misri :1,76041 km
    versi mayoritas Ulama : 2,99995 km
  24. 1 Farskh :
    versi Imam Makmun :4,99995 km
    versi Imam A Husein Al Misri :5,28125 km
    versi Mayoritas Ulama :7,4999925 km.

 Tambahan Dari Ust. M. Syahrowardi Trenggalek

  1. AIR DUA QULLAH
    Menurut Imam An-Nawawi= 174,580 Ltr = 55,9 Cm3. Menurut Imam Ar-Rofi’i= 176,245 Ltr = 56,1 Cm3. Menurut Ahli Iraq= 245,325 Ltr = 63,4 Cm3. Menurut Akhsarinnas= 60 Cm3

    B. ZAKAT FITRAH ADALAH SATU SHO’= 2719 Gr = 2,719 Kg.

    C. JARAK QOSOR SHOLAT MENURUT;
    – Kitab Tanwirur Qulub = 80,640 Km.
    – Al-Mak’mun= 89,999,992 Km.
    – Ahmad Husein = 94,500 Km.
    – Akstarul Fuqoha’= 119,999,88 Km.

    D. SATU DZIRO’ ALMU’TADIL (UKURAN TANGAN YANG NORMAL);
    -Menurut Akstarinnas = 48 Cm.
    -Menurut Al-Ma’mun = 41,666625 Cm.
    -Menurut An-Nawawi = 44,720 Cm.
    -Menurut Ar-Rofi’I = 44,820 Cm.

    DAFTAR PROSENTASE MAAL ZAKAT

    1. Perak
    NISHOB : 543,35 GR
    ZAKAT : 1/40 = 13,584 GR
    PROSEN : 2,5 %
    KETERANGAN: Dikeluarkan Setelah 1 Tahun

    2. Emas
    NISHOB: 77,58 Gr
    ZAKAT: 1/40 = 1,9395 Gr
    PROSEN: 2,5 %
    KETERANGAN: Dikeluarkan setelah 1 tahun

    3. Gabah
    NISHOB:
    a. 1323,132 Kg
    b. 1323,132 Kg
    c. 1323,132 Kg
    ZAKAT:
    a. 1/10 = 132,3132 Kg
    b. 1/20 = 66, 1566 Kg
    c. 1/15 = 88, 2088 Kg
    PROSEN:
    a. 10 %
    b. 5 %
    c. 7,5 %
    KETERANGAN:
    a. Tanpa biaya pengairan
    b. Dengan biaya pengairan
    c. Pengairan tidak semuanya pakai biaya

    4. Padi gagang
    NISHOB:
    a. 1631,516 Kg
    b. 1631,516 Kg
    c. 1631,516 Kg
    ZAKAT:
    a. 1/10 = 163,1516 Kg
    b. 1/20 = 81,5758 Kg
    c. 1/15 = 108,7677 Kg
    PROSEN:
    a. 10 %
    b. 5 %
    c. 7,5 %
    KETERANGAN:
    a. Tanpa biaya pengairan
    b. Dengan biaya pengairan
    c. Pengairan tidak semuanya pakai biaya

    5. Beras
    NISHOB:
    a. 815,758 Kg
    b. 815,758 Kg
    c. 815,758 Kg
    ZAKAT:
    a. 1/10 = 81,5758 Kg
    b. 1/20 = 40,7879 Kg
    c. 1/15 = 54,3838 Kg
    PROSEN:
    a. 10 %
    b. 5 %
    c. 7,5 %
    KETERANGAN:
    a. Tanpa biaya pengairan
    b. Dengan biaya pengairan
    c. Pengairan tidak semuanya pakai biaya

    6. Kacang Tunggak
    NISHOB:
    a. 756,697 Kg
    b. 756,697 Kg
    c. 756,697 Kg
    ZAKAT:
    a. 1/10 = 75,6697 Kg
    b. 1/20 = 37,8348 Kg
    c. 1/15 = 50,4464 Kg
    PROSEN:
    a. 10 %
    b. 5 %
    c. 7,5 %
    KETERANGAN:
    a. Tanpa biaya pengairan
    b. Dengan biaya pengairan
    c. Pengairan tidak semuanya pakai biaya

    7. Kacang Hijau
    NISHOB:
    a. 780,036 Kg
    b. 780,036 Kg
    c. 780,036 Kg
    ZAKAT:
    a. 1/10 = 78,0036 Kg
    b. 1/20 = 39,0018 Kg
    c. 1/15 = 52,0024 Kg
    PROSEN:
    a. 10 %
    b. 5 %
    c. 7,5 %
    KETERANGAN:
    a. Tanpa biaya pengairan
    b. Dengan biaya pengairan
    c. Pengairan tidak semuanya pakai biaya

    8. Harta Dagangan Dengan Modal kalkulasi perak
    NISHOB: 543,35 Gr
    ZAKAT: 1/40 = 13,584 Gr
    PROSEN: 2,5 %
    KETERANGAN: Harta dagangan dikurskan dengan nilai Perak dan dikeluarkan akhir tahun

    9. Harta Dagangan Dengan Modal kalkulasi Emas
    NISHOB: 77,58 Gr
    ZAKAT: 1/40 = 1,9395 Gr
    PROSEN: 2,5 %
    KETERANGAN: Harta dagangan dikurskan dengan nilai Emas dan dikeluarkan akhir tahun

    Keterangan :
    Emas pada daftar diatas adalah Emas murni (24 Karat), sedangkan nishobnya Emas tidak murni bisa dihitung dengan cara besar nishob emas murni dibagi karatnya emas yang tidak murni. Lantas hasilnya dikalikan karatnya emas murni (24).

    Contoh untuk mencari nishobnya emas 20 karat : 77,58 (nishob emas murni) : 20 x 24 = 93,096 Gr. Jadi nishobnya = 93,096 Gr. Zakat yang dikeluarkan =1/40 (2,5 %) = 2,3274 Gr.

    Contoh untuk mencari nishobnya emas 22 karat : 77,58 : 22 x 24 = 84,633 Gr. Jadi nishobnya = 84,633 Gr. Zakat yang dikeluarkan = 1/40 (2,5 %) = 2,1158 Gr.

Selengkapnya : http://www.ngaji.web.id/2015/09/singkatan-istilah-ukuran-timbangan-dan.html#ixzz3xjuVAG5p